membuat uno stacko : belajar solidwork



dalam postingan kali ini, saya mencoba menggambar kembali menggunakan software solidwork. nah, pada gambar ini saya mencoba mendesign sebuah permainan yang sering kalian temukan di kafe-kafe yang lagi vibes saat ini. permainan tersebut adalah uno stacko.

uno stacko ini, sengaja dipilih, dikarenakan proses pembuatannya yang cukup mudah dan gampang. kalian hanya menggunakan beberapa feature berupa extrude saja dalam proses pembuatannya. jika dalam postingan sebelumnya, kita lebih banyak bermain dengan feature revolve. kali ini cukup manggunakan feature extrude.

feature extrude kali ini, tidak hanya digunakan pada suatu garis atau gambar saja, melainkan digunakan pada suatu tulisan. hmmm. bagaimana yaa cara menggunakan feature extrude pada sebuah tulisan atau font? yuk tonton cuplikan video yang saya buat berikut ini.! 

perjalanan dalam perspektif seorang teman [mia]

berikut ini merupakan cerita karangan seoarang teman yang mendengar cerita perjalananku selama berkelana ke sebuah pulau di timur sana. meskipun cerita yang saya sampaikan padanya tidak terlalu detail mengenai perjalan tersebut, namun hasil tulisan ceritanya sangat bagus. seolah saya diajak untuk terus membaca dan penasaran dengan apa yang akan di ceritakan selanjutnya.

so ini dia hasil tulisan karya seorang MIA (star twiennies) yang bercita-cita menjadi seorang novelis dan ibu rumah tangga!

dok. ekspedisi : handstand di kawah putih ciwidey

Sebutkan apa saja yang muncul di pikiranmu saat mendengar kata “Hobi”.

Bagiku, anak travelling, hobi itu bener-bener 50% aktivitas dari kehidupanku sendiri. Tapi ini tidak berlaku untuk semua orang tentunya, dari sekian miliar pemikiran orang di dunia ini, aku mewakili anak pecinta alam dalam mengutarakan pendapat ini. Kita pasti satu pemikiran, berada di sebuah komunitas, berbagi pendapat, terbiasa memiliki pengalaman dari alam, belajar di alam, menemukan banyak teman dari berbagai daerah, mencintai segala keindahan yang dimiliki alam itu sendiri. Dan itu kepuasan guys. Kalau tidak percaya, coba aja tanyakan pada semua teman kalian yang hobi travelling dan pendaki, gak puas apa naik gunung terus ? jalan-jalan terus ke daerah-daerah terpencil? jawabannya rata-rata “tidak akan pernah puas”. Setelah menakluki satu puncak, justru keinginan mencapai puncak lainnya lebih besar. Kalian yang memiliki hobi selain ini tidak tahu gimana rasanya ada di atas puncak, melihat semuanya dari ketinggian, bahkan bisa lihat awan tanpa mendongakkan kepala, usaha mereka melewati medan sulit itu bener-bener terbayar diatas sana.

Disini aku akan menceritakan alasanku kenapa hobi itu menjadi 50% dari kehidupanku. Awalnya, aku adalah anak teknik, selama kuliah aku udah banyak mengikuti kegiatan outdoor, yah tidak jauh-jauh dari travelling dan mapala gitu. Apa gak keteteran, anak teknik kan ribet? ya sedikit, bahkan waktu  tidurku jadi berkurang, sebenernya bukan cuma anak teknik sih,  semua mahasiswa juga waktu tidurnya otomatis berkurang, tapi kalau kalian tipe yang bisa memanage waktu, meskipun terkesan deadline, bakalan kelar juga kok. Singkat cerita, setelah lulus, aku coba ngelamar di beberapa perusahaan, keterima, mulailah bekerja yang sebenernya bertentangan dengan hati, hehehe. Setelah dijalani, awal-awal sih masih lancar, pertengahan, sudah mulai rada jenuh, bayangkan, khususnya anak pecinta alam. Kalian yang awalnya berpindah-pindah tempat untuk mencari spot ternyaman, atau sekedar mengambil gambar, atau sekedar menikmati keindahan alam untuk disimpan di memori ingatan, kali ini justru hanya duduk menatap layar komputer dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, yang hanya beralih sebentar dari layar untuk memeriksa berkas dokumen yang menurutku tidak ada menariknya dibandingkan melihat jejeran pohon-pohon di hutan. 

Oke, akhirnya aku ngambil  keputusan buat resign. Mungkin sebagian orang yang membaca ini ada yang berpikir. “Kenapa sih lebih milih panas-panasan di luar daripada cuma duduk di kursi dan diruangan ber AC ?” atau “Di luar sana banyak yang berusaha mati-matian buat bisa kerja di kantor, ini malah resign dan milih jalan-jalan doang”

That’s true ! seperti yang aku bilang tadi, di dunia ini ada miliaran manusia, dan tentunya juga ada miliaran pemikiran. Ada orang yang lebih menyukai dunia bisnis, ada orang yang lebih menyukai karir sampai menuntut ilmu di luar negeri, banyak lagi orang yang tergila-gila sama ilmu eksak, teori dan sebagainya, atau masih banyak pemikiran lainnya. Dan aku adalah manusia dengan pemikiran yang memillih bereksplorasi dengan alam. Ibaratnya seperti ini, bahagia itu simple jika kamu seorang penulis dan karyamu terpampang di toko buku. Bahagia itu simple, jika kamu seorang dokter, kamu berhasil menyelamatkan setiap nyawa yang menjadi tanggung jawabmu. Bahagia itu simple, jika kamu seorang seniman dan lukisanmu diminati ratusan bahkan ribuan orang di dunia. Nah sama, bahagiaku itu saat berada di satu daerah terpencil yang bahkan jarang diketahui orang-orang diluar sana. Hanya se simple itu guys.

Pemikiranku seperti itu, aku ingin bekerja dari hobi. Aku memilih menjelajah dan melakukan touring dari Jakarta sampai Dompu Sumbawa NTB. Disana, aku tidak hanya semata melakukan wisata alam, tapi juga menjadi volunteer, ngajar anak-anak di pedalaman yang kurang fasilitas segi pendidikan, tidur di alam cuma dengan berteduh di tenda, aku berhenti di beberapa spot wisata untuk menenangkan diri, alam itu adalah tempat yang memberi kita bahagia tanpa harus bercerita guys. Tidak perlu meditasi atau sejenisnya, dengan kamu menikmati keindahan alam Indonesia saja, itu sudah sangat meminimalisir tingkat kejenuhan dan stress dari segala aktivitas. Buat para pecinta alam, mendokumentasikan panorama itu sangat penting. Jadi gak heran kalau isi galeri ponsel atau laptonya kebanyakan foto-foto alam bukan selfie. 

Apa yang didapat dari touring dan menjelajah tadi? banyak dong, banyak banget. Diantaranya itu tentu saja kepuasan batin, pengalaman, ilmu yang bahkan belum aku dapat selama di bangku sekolah, rasa solidaritas, kebanggaan karena bisa berbagi ilmu sama mereka yang membutuhkan disana. Lihat anak-anak itu tertawa, bahagianya itu setara liat sunrise dan sunset di pantai guys.

Kalau misalnya ada yang tanya, “Kalau gitu ngapain kuliah kalau akhirnya memilih jadi traveller ?”

Jadi temen-temen, jenis pencapaian itu banyak banget, kalian semua, mau traveller atau bukan, pasti punya list di hidup kalian yang bakal kalian wujudin suatu saat nanti. Sekolah dan kuliah itu masuk list terpenting di hidup aku, jadi sekalipun setelah lulus pekerjaanku menyeleweng dari jurusan, aku tidak merasa menyesal sama sekali. Wawasan itu tidak selamanya akan kalian temukan di bangku sekolah, karena teori tidak pernah sama dengan praktek.  Diluar sana banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan jurusannnya,  kalau menurutku justru  bagus sih, karena saat kuliah dia dapat ilmu A dan saat bekerja dia dapat ilmu B secara otodidak, dengan begitu kalian sudah berhasil memperluas wawasan kalian. Bukan berarti ilmu selama kuliah itu tidak berguna ya, di dunia ini tidak pernah ada ceritanya ilmu yang tidak berguna, kalian akan memahaminya suatu hari nanti, baik itu di dunia karir atau kehidupan sehari-hari. Sama seperti pengalaman, ada yang mengatakan kalau pengalaman itu harus dicari, tapi menurutku pengalaman itu diciptakan, karena yang membuat pengalaman itu kita sendiri kan, lalu dimana kita bisa menemukan pengalaman kalau kita sendiri tidak mau menciptakannya, kalau menurutku pribadi pengalaman itu saat kita bermanfaat untuk orang lain apalagi sampai membekas di ingatan mereka. Percaya deh, ini rasanya jauh lebih bahagia daripada dapat undian berhadiah.

Jadi, udah bisa ditarik kesimpulannya kan ?

belajar solidwork : membuat logo android 3 dimensi

so apakabar semua,,, 
pada postingan kali ini, saya akan memposting hal yang berbeda dari biasanya. jika biasanya saya memposting hal-hal yang berbau sepeti travelling dan beberapa kawannya. kali ini saya memposting salah satu hobi saya yang lain. yaitu mengambar atau mendesign gambar dalam bentuk 3 dimensi. 

belajar solidwork : membuat logo android 3 dimensi

sebenarnya saya sudah cukup lama vakum dari hobi saya yang satu ini. terakhir kali saya menggambar, kalo nggak salah, sekitar tahun 2015 dah. itupun ketika menyelesaikan tugas akhir [sebut saja skripsi]. namun, akhir-akhir ini, saya mencoba untuk mengambar lagi, meskipun mengambar hal-hal yang sederhana. misalnya saja mengambar logo android. 
logo android ini, sengaja saya pilih karena menurut saya sangat simple untuk mengambarnya. hanya cukup menggunakan beberapa garis disertai menggunakan beberapa feature dalam software solidwork, maka boom!!!. jadilah logo android dalam bentuk 3 dimensi. 
sebenarnya saya ingin menceritakan lebih detail, mengenai proses dalam pembuatan logo android ini. namun, karena beberapa hal dan semacamnya, saya memutuskan untuk membuatnya, dalam bentuk videonya saja. 
yuk lihat bagaimana saya membuatnya!!!

disclaimer : ini bukan video tutorial



Mendaki Gunung Rinjani Lombok 3726 mdpl

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang berada dalam jajaran 7 puncak tertinggi di indonesia (sevent summit indonesia). gunung rinjani memiliki tinggi sekitar 3726 mdpl sehingga menempatkannya dalam urutan ke tiga setelah gunung kerinci di jambi dan puncak jaya di papua. untuk mendaki gunung rinjani, terdapat 3 jalur yang biasa di lalui oleh para pendaki. 
> jalur pendakian sembalun
> jalur pendakian senaru dan 
> jalur pendakian torean. 
dari ketiga jalur tersebut, jalur yang paling ramai dan populer di kalangan para pendaki dan wisatawan asing adalah jalur sembalun. kebanyakanan dari para pendaki dan wisatawan asing, memilih mendaki melalui jalur sembalun untuk summit ke puncak dan turun untuk beristirahat di danau segara anakan. beristirahat dan menikmati keindahan danau segara anakan, mereka akan turun melintas menuju jalur senaru untuk menikmati air terjun teu keleup yang berada di sana. semacam wisata maraton lah yaa. 

mendaki gunung rinjani
si kurus venny di puncak gunung rinjani lombok

nah, ketika saya melakuan ekspedisi-ekspedisian kemarin, akhirnya saya berkesempatan untuk bisa mendaki gunung yang satu ini.  

sabtu 04 November 2017, saya melakukan pendakian ke gunung rinjani. didalam pendakian ini, saya hanya berdua bersama seorang gadis saja. awalnya, terdapat 4 orang yang akan ikut. namun, karena beberapa hal. hanya saya dan gadis ini, yang tetap melanjutkan pendakian. oh iyaa. gadis ini bernama venny. dia merupakan seorang pendaki wanita, yang memiliki tubuh kurus dan tampak rapuh apabila disleding oleh kak seto mulyadi. si venny ini, ingin sekali mendaki gunung rinjani. dia berkeinginan untuk berfoto di puncak rinjani, hanya sekedar untuk direpost oleh akun @pendakicantik di instagram. 

balai taman nasional gunung rinjani resort sembalun
balai taman nasional gunung rinjani resort sembalun

jam 08.15 WITA, kami tiba di pos perijinan pendakian gunung rinjani. pos ini berada di seberang jalan dari masjid jami' sembalun lawang.di pos perijinan ini, kami membayar tiket retribusi pendakian gunung rinjani sebesar IDR 35.000 untuk berdua. besaran retribusi itu terbagi untuk tiket hari sabtu sebesar IDR 5.000 / orang, tiket hari minggu IDR 7.500 / orang dan asuransi pendakian sebesar IDR 5.000 / orang. hmmm. cukup murah kan yaa.

setelah mendaftar dan melakukan pembayaran, kami menuju ke titik start pendakian gunung rinjani. titik start pendakian ini, berlokasi cukup jauh dari tempat kita membeli tiket. sekitar 4 km lah dari balai taman nasional gunung rinjani resort sembalun. karena jaraknya yang cukup jauh, kita memilih menggunakan ojek untuk menuju kesana.

pendakian gunung rinjani : berjalan bersama kuda
kuda liar diantara para pendaki gunung rinjani

> START PENDAKIAN
jam 08.30 WITA, kami memulai pedakian gunung rinjani. kami berjalan bersama para wisatawan asing (bule), guide dan beserta para porternya. kami berjalan mengikuti mereka, mengekor dari belakang rombongan. kami melalui tipe jalanan yang bervariasi sejak awal pendakian. mulai dari berjalan melalui jalanan berbeton, berubah menjadi jalanan makadam, berubah lagi menjadi jalanan setapak yang membelah hutan, dan kemudian berubah kembali menjadi jalanan setapak dengan hamparan padang rumput yang luas dengan beberapa kuda dan sapi beserta kotoran (taik) yang ikut menyempurnakannya. haha. dan tibalah kami di pos 1.

pos 1 pendakian gunung rinjani lombok
pos 1 pendakian gunung rinjani lombok

> POS 1 GUNUNG RINJANI
jam 10.46 WITA, kami tiba di pos 1 gunung rinjani. di pos 1 ini, terdapat plang nama berwarna jingga, bangunan gubuk untuk beristirahat dan satu tenda penjual makanan. karena stamina kami berdua masih ada dan gubuk di pos 1 sudah penuh digunakan oleh pendaki lainnya, maka kami berdua memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju pos selanjutnya. 

pos 2 pendakian gunung rinjani lombok
pos 2 pendakian gunung rinjani lombok

> POS 2 GUNUNG RINJANI
jam 11.27 WITA, kami berdua tiba di pos 2 gunung Rinjani. kondisi di pos 2 sangat ramai oleh para pendaki, saking ramainya, kami kesulitan mencari tempat istirahat di sini. kebanyakan dari wisatawan asing, beristirahat untuk makan siang di pos ini. jika dilihat-lihat, makan siang yang di sajikan para porter sangat begitu lengkap. selengkap makanan 4 sehat 5 sempurna, yang pernah kita dengar saat kita sekolah dasar (SD). sedangkan makanan kami berdua??? huft. nggak usah di bahas. hahaha.

di pos 2 ini, kalian harus berhati-hati dengan makanan yang kalian bawa. banyak preman-preman yang standby, buat palakin makanan kalian. jika tak waspada, kalian bisa saja kehilangan makanan. premannya sih nggak gede-gede amat, tapi lumayan lah bikin hati ciut. apalagi kalo udah ambil posisi menyerang dengan gigi-gigi tajamnya. ihh. serem deh pokoknya. hehe. preman yang saya maksut ini adalah monyet. banyak monyet yang berkeliaran di pos 2 ini. selain monyet, di pos2 ini juga terdapat hewan lainnya. berupa anjing dan tikus-tikus yang cukup besar. mungkin karena faktor banyaknya makanan sisa yang dibuang di pos 2, membuat monyet dan kawan-kawannya betah tuk mendiami tempat ini. hmmm. #sampah.

pos 3 pendakian gunung rinjani
pos 3 pendakian gunung rinjani lombok

> POS 3 GUNUNG RINJANI
jam 13.32 WITA, kami tiba di pos 3 gunung Rinjani. jaraknya tak terlalu jauh, hanya sekitar 1,7 km dari pos 2. tetapi, sangat melelahkan selama dalam perjalanan. ketika menuju pos 3 ini, saya sempat tertidur di tengah perjalan. bermimpi seolah-olah duduk beristirahat dengan si venny. namun, ketika tersadar. si venny sudah tak terlihat dari pandangan. karena merasa khawatir, saya reflek berdiri dan segera mempercepat langkah kaki. berharap tak terjadi sesuatu pada si tubuh kurus itu. beruntung, setelah 20 menitan berjalan. akhirnya saya menemukannya sedang beristirahat di sebuah batu dengan ponari sweat di tangan. hufft. #aman. 

> POS PELAWANGAN SEMBALUN
JAM 18.09 WITA, kami tiba di pos pelawangan. pos pelawangan ini, merupakan pos yang digunakan oleh para pendaki untuk mendirikan tenda. mereka beristirahat di pos ini, untuk persiapan summit nanti malam dan juga menikmati sunset yang indah di ufuk barat. jika beruntung, kalian akan melihat sunset yang indah dengan view danau segara anakannya. namun waktu itu, keberuntangan belum menghampiri kami berdua. kami hanya melihat kabut tebal yang menutup sunset dan danau segara anakan. #takdir

ketika tiba di pos pelawangan, tubuh saya sangat merasakan kelelahan. ini merupakan kelelahan terparah yang pernah saya alami selama karir saya mendaki gunung. #anjaykarir. haha. sepertinya ini efek dari BUKIT PENYESALAN dah. bukit dengan tipe topografi yang menanjak dan jarang sekali memiliki bonus didalamnya. karena kesulitan jalur ini, banyak para pendaki yang mengeluh atau menyesal untuk mendaki gunung rinjani. sehingga sering dikenal dengan bukit pepenyesalan. hhhmm. pantas saja di sebut dengan bukit penyesalan. buktinya saja, saya menyesal melalui jalur bukit ini. #plak.

di pos pelawangan ini, saya juga takjub melihat bagaimana aura keramahan seorang wanita bekerja. melihatnya mampu memenangkan kompetisi tawar-menawar di gunung, melihatnya mampu menggerakkan seseorang untuk membantu mengambilkan air (jaraknya 3 jam perjalanan), dan mampu menghidupkan sisi kebaikan dari para porter di sini (dijamu makan malam).#hmmm. jangan-jangan, punya ilmu hipnotis nih anak.

> PUNCAK GUNUNG RINJANI
jam 09.02 WITA, kami berdua berhasil menggapai puncak gunung Rinjani. 
menurut informasi yang kami dapatkan. untuk bisa melihat sunrise di puncak gunung rinjani ini, kita sebaiknya berangkat sekitar jam 2 malam. jam 2 malam merupakan rata-rata waktu yang digunakan oleh para porter ketika mengantarkan para bule untuk summit. namun karena kami menyadari akan kemampuan kami, maka kami berdua memilih untuk berangkat lebih awal.

jam 00.30 WITA kami berdua bangun dan mempersiapkan peralatan untuk summit. headlamp, jas hujan dan makanan ringan sudah kami masukkan ke dalam tas slempang masing-masing. barang-barang di dalam tenda sudah rapi dan kami pun keluar dari dalam tenda. huztt..huztt.. cuaca dingin mulai menerpa raga. masuk ke dalam celah kulit dan mulai membuat badan ini bergetar. hmm.  "kok enakan di dalam tenda yaaa" gumamku sambil berjalan kecil mengitari tenda. 

ketika tubuh mulai beradaptasi dengan cuaca sekitar, kami memulai perjalanan summit ini. "bismillah puncak" doaku dalam hati. kami berjalan melalui jalanan setapak, yang cukup terlihat terang diwaktu itu. berjalan berhati-hati mengitari beberapa patok tenda, berharap tak mengganggu para penghuni yang berada didalamnya. 

perjalanan awal summit ini, si venny masih terlihat bertenaga dan tampak kuat. wajahnya masih bisa tertawa dan tampak bersemangat.  namun, tak selang beberapa lama. tubuh kurus si venny mulai goyah, wajahnya datar, dan tak tampak semangat didalamnya. kata-kata break pun, sering terucap dari mulutnya. sembari menahan lelah, yang tersirat dari wajahnya. efek dari keseringan break ini, membuat rombongan yang jauh berada di belakang akhirnya menyusul secara perlahan. membuat saya mulai ragu, apakah kami masih bisa merasakan sunrise di puncak rinjani? 

venny berada di antara batu menghindari angin
venny berada di antara batu menghindari angin

kekhawatiran yang saya rasakan, mulai bertambah seiring datangnya badai. tubuh saya mulai mengigil karena terpaan angin kencang yang dingin. laju pergerakan kami pun melambat, karena efek dari badai ini. beberapa pendaki sudah mulai tampak menyerah dan memutuskan untuk turun lebih awal. namun si venny meyakinkan saya, untuk terus menuju puncak, demi direpost akun @pendakicantik. #lol. untuk mengurangi efek terpaan angin, kami berdua berjalan beriringan. saya di depan menahan angin dan venny berlindung di balik badan saya. sebenarnya saya bukan sok jagoan, yang sok kuat menahan angin. tetapi, apa boleh buat. jika cewek kurus ini, berdiri sendiri melawan angin. maka rusak reputasi aing (saya), sebagai cowok dimata mereka. haha. jleb.

mentari pagi sudah beranjak, namun puncak rinjani masih jauh di ujung sana. terbesit dipikiran, untuk turun saja ke pos pelawangan. toh menikmati sunrise di puncak, sudah jelas menjadi angan. tapi si venny, tidak berpikir demikian. harapannya untuk direpost @pendakicantik , masih membara di dadanya. dia masih semangat berjalan, meskipun kakinya mulai lelah, menopang tubuh kurusnya sendiri. entah mengapa. setelah melihat antusiasmenya, saya mulai bersemangat kembali untuk  menuju puncak. kami berdua terus berjalan meskipun pelan. terus berhenti menghela nafas. terus semangat munuju puncak. dan terus saja seperti itu, meskipun sudah banyak yang turun dari puncak rinjani sejak tadi. namun, dengan kesabaran yang kami lakukan, akhirnya kami berhasil tiba di puncak RINJANIIIIIIIIIIIII. 

pendakian gunung rinjani: Gua handstad cuy
pose handstand di puncak gunung rinjani

kami tiba di puncak Rinjani, sekitar jam 09.02 WITA. dimana kami berdua, merupakan orang terakhir yang berada di puncak ketika itu. SPECHLESS...  adalah hal yang kami rasakan, ketika tiba di puncak rinjani. mungkin kebanyakan pendaki juga merasakan hal yang sama, ketika tiba di suatu puncak gunung untuk pertama kalinya. merasakan bagaimana kecilnya kita di dunia dan merasakan bagaimana indahnya karya sang pencipta yang terkadang lupa tuk kita jaga. beberapa hal yang kami lakukan di puncak rinjani, mungkin 11 12 lah dengan scene di film 5 cm ketika tiba di puncak semeru. dimana senda haru dan air mata, juga tercipta di puncak rinjani ini. hussst. (jangan bilang2) hehe

puas mengambil video footage dan beberapa gambar di puncak rinjani. kami memutuskan untuk turun gunung, sekitar pukul 10.00 WITA. dalam perjalanan turun ini, saya pikir tak akan ada kendala. toh perjalanan turun dari puncak, biasanya cepat dan tak menghabiskan banyak waktu. namun ternyata permikiran saya salah. memang benar, dalam perjalanan turun itu, kita tidak akan meresakan lelah seperti ketika kita mandaki. namun, kaki-kaki kita akan menahan beban lebih besar ketika turun dan bisa menyebabkan cidera. dan hal ini lah yang membuat kaki venny cidera. beruntung cidera yang dialaminya tidak menghawatirkan, dan cukup membuat perjalanan melambat. 

kita berdua, akhirnya tiba di pos pelawangan sembalun sekitar pukul 13.52 WITA. sempat tertidur sesaat, ketika beristirahat sejenak di atas lintasan berpasir. dan terbangun gara-gara mencium bau belerang yang datang di bawa angin dari kawah rinjani. baunya sih, memang tidak terlalu pekat tapi cukup mengganggu saja. karena takut terjadi apa-apa, kita mempercepat gerak langkah untuk menuju pos pelawangan. 

setelah beberapa lama berjalan, akhirnya kami tiba di pos pelawangan sembalun dengan kondisi yang cukup berbeda dari kemarin. suasananya sepi, sunyi dan berbeda jauh dengan kemarin. terlihat, hanya tenda milik kami yang berdiri sendiri di tengah kabut tipis waktu itu. hmmm, mungkin mereka sudah turun sejak tadi, ketika kami baru turun dari puncak rinjani. 

tiba di dalam tenda. kita tidur sejenak untuk memulihkan tenaga kami. saya set alarm untuk berbunyi ketika jam 15.00 WITA, agar kami bisa berkemas-kemas dan segera turun menuju pos pendakian sembalun. kami memang tak memiliki rencana menuju danau segara anakan pada pendakian kali ini. karena si venny harus bekerja keesokan harinya di daerah lombok timur. sehingga, kita bisa memangkas satu hari perjalanan, dalam pendakian ini.

pendakian gunung rinjani : Venny ketika turun gunung
perjalanan turun gunung ketika berada di bukit penyesalan

setelah bersiap-siap dan merapikan barang bawaan, kami turun dari pos pelawangan sembalun sekitar pukul 16.00 WITA. berangkat ketika sore hari, membuat kita tiba di pos 3 disaat petang. kita beristirahat sejenak disini dan melanjutkan kembali perjalanan dengan headlamp yang sudah terpasang. berjalan di saat gelap membuat kita harus berhati-hati. salah pijak batu tumpuan, bisa saja membuat kaki terkilir dan tidak bisa melanjutkan kembali perjalanan. efeknya dari perjalanan saat gelap ini, membuat langkah kaki kita melambat dan waktu yang di rencanakan molor sehingga banyak tenaga yang harus di habiskan. hal ini membuat tubuh kurus si venny, mulai goyah kembali. kakinya mulau bermasalah dan tak kuat untuk melanjutkan perjalanan ketika tiba di pos 2. beruntung kami memiliki kenalan yang berada di sembalun, sehingga bisa membantu kami untuk menyewakan ojek motor yang bisa menjemput hingga pos 2 ini. memang sih, jasa ojek ini cukup menguras kantong. tetapi, apa boleh buat. ketimbang terjadi sesuatu yang nggak diinginkan, lebih baik kehilangan uang yang bisa kita cari kembali nantinya.

sambil menunggu ojek, yang masih dalam perjalanan. kami bercengkrama dengan para pendaki, yang sedang memasak nasi di pos 2. mereka merupakan para pendaki yang berasal dari makasar. malam itu, kami bercengkrama dan menceritakan banyak hal, sambil ditemani oleh gerimis yang mulai turun kala itu. segelas kopi dan hangatnya perapian, membuat suasana malam itu terasa hangat meskipun suhu diluar mulai semakin dingin. tak terasa, setelah banyak cerita yang telah diceritakan, ojek yang kami tunggu pun sudah datang. kami segera bergegas undur diri dan seraya berterimakasih atas jamuan yang telah ditawarkan. malam itu sungguh hangat sobat. semoga bisa bertemu kembali lain waktu. #azeek.

mungkin, cerita tentang rinjani ini, cukup sampai disini dulu. sebenarnya masih banyak cerita yang ingin diceritakan. tetapi saya bingung untuk menceritakannya. seperti halnya, ketika menolak jasa ojek yang ditawarkan ketika mendaki, tetapi malah menumpangnya ketika turun. hehe.

saya akhmad khoiron,
salam damai.
#watchout

spesial thanks : si venny yg kurus. asmar, thamrin dan rahmad para pendaki makassar. dan manan si penelpon ojek.

Menikmati indahnya Wisata Gunung Bromo

Gunung bromo?. hmm. pasti kalian pernah mendengar akan daerah yang satu ini kan?. daerah yang terkenal akan keindahan pemandangan sunrisenya. saking indahnya, banyak wisatawan yang menjadikan gunung bromo ini sebagai salah satu tempat yang memiliki pemandangan sunrise terindah di Indonesia. wisatawan yang mengatakan hal ini, bukan hanya dari para wisatawan lokal saja, melainkan juga dari wisatawan mancanegara (bule). nah, karena  hal inilah, membuat saya dan beberapa teman saya tertarik untuk mengunjunginya.

sunrise gunung bromo dari penanjakan
wisatawan asing sedang mendokumentasi pemandangan sunrise dari penanjakan

berangkat dari rumah menggunakan motor, kami berboncengan menuju gunung bromo. berangkat dengan perlengkapan seadanya, berharap tiba dan pulang dengan selamat. untuk menuju gunung bromo ini, sebenarnya sekitar 6 jam perjalan saja, jika menggunakan motor. namun, karena kami sering beristirahat, perjalanannya menjadi molor sekitar 10 jam. hal ini sebenarnya sudah diprediksi, sehingga kita berangkat jauh lebih awal, untuk menikmati moment ketika sang fajar menyingsing dari peraduannya. 

kami tiba diloket pendaftaran sekitar jam 4 pagi dini hari. ternyata, untuk masuk ke kawasan wisata gunung bromo, kita harus membayar di dua loket pendaftaran yang lokasinya berbeda. pertama kita harus membayar di loket miliki pemerintah daerah kabupaten Probolinggo dan yang kedua milik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. total biaya untuk membayar tiket masuk gunung bromo ini sekitar IDR.37.500. 

setelah membayar tiket dan berhasil memasuki kawasan wisata gunung bromo, kita harus berjalan kembali menuju penanjakan. tempat yang merupakan lokasi untuk kita bisa melihat sunrise dengan view gunung bromo. untuk menuju tempat ini, kita harus berjalan di padang pasir terlebih dahulu. berkendara di atas padang pasir itu ternyata tidak mudah, kita harus ekstra berhati-hati, untuk bisa melaluinya. karena tak jarang sekali, banyak pengendara roda dua yang terjatuh akibat tergelincir di padang pasir ini. 

setelah sukses melewati padang pasir, kita harus melanjutkan ke tahap selanjutnya. berkendara dengan jalanan yang cukup menanjak. untuk melalui jalanan ini, pastikan kendaraan yang digunakan dalam keadaan fit dan prima. hal ini bukan tanpa alasan. karena jalanan menanjak ini, cukup sering memakan korban. kebanyakan dari mereka terjatuh, karena kendaraan yang digunakan tak kuat untuk melalui jalanan menanjak. 

jika kalian sukses melalui kedua rintangan tersebut, maka sunrise indahlah yang akan menanti kalian di ujung penanjakan ini. #azeek. dengan catatan tidak berkabut yaaa. hehe.

pura yang telihat dari kawah gunung bromo
pemandangan dari kawah gunung bromo sebelum melalui anak tangga

setelah cukup puas menikmati hangatnya pagi dari pancaran sinar matahari terbit, kami melanjutkan ke salah satu tempat selanjutnya. yaitu kawah gunung bromo. melihat secara langsung, tempat keluarnya letusan gunung berapi apabila meletus. untuk menuju ke kawah gunung ini, kita harus berjalan kaki sejauh 500 meter dari parkiran motor, dan kemudian menapaki sekitar 250 anak tangga. jika kalian tak sanggup berjalan kaki sekitar 500 meter, disini juga disediakan persewaan kuda untuk mengantar kalian menuju anak tangga. 

pasir berbisik yang terlihat dari kawah gunung bromo
pasir berbisik yang terlihat dari kawah gunung bromo

lokasi yang kami datangi, selain kawah gunung bromo dan penanjakan adalah pasir berbisik dan bukit teletubies. pasir berbisik ini, merupakan padang pasir yang luas, yang memiliki hamparan pasir berwarna hitam di sana. pasir berbisik ini mulai ramai dan terkenal berkat sebuah film yang pernah melakukan proses syuting di daerah gunung bromo ini. film yang diperangkan dian sastro ini berjudul "pasir berbisik". semenjak film pasir berbisik, padang pasir gunung bromo ini sering dikenal dengan sebutan pasir berbisik. 

pemandangan bukit teletubies gunung bromo
pemandangan bukit teletubies yang berada di kawasan wisata gunung bromo

setelah menikmati indahnya hamparan pasir berbisik, kami melanjutkan perjalanan kembali ke tempat selanjutnya. jika  sebelumnya kita melihat hamparan pasir yang luas, sekarang kita melihat hamparan rerumputan yang luas. hamparan rerumputan ini, terlihat seperti karpet yang membaluti bukit-bukit di sekitar gunung bromo. serasa seperti karpet raksasa yang berwarna hijau. hmmm. apakah bukit teletubies ini juga terkenal gara-gara serial televisi "teletubies" yaaa? #mikir. 

teman perjalanan wisata gunung bromo
para touringer dan nebenger kali ini, saya, cahyo, resi dan dede

terimakasih karena sudah membaca cerita saya tentang gunung bromo ini, saya mohon maaf jika informasi yang saya sampaikan terdapat kesalahan dan masih dirasa kurang lengkap. 
saya akhmad khoiron
salam damai
#watchout

5 Jam di Semarang, Bisa Kemana Saja?

sebenarnya sih, niat awal ke semarang itu, saya pengen liburan. menghabiskan sekitar 2 atau 3 hari untuk mengexplore kota semarang. pengen nyobain nginep di hotel kapsul semarang, terus muter-muter keliling kota semarang sambil mengunjungi beberapa objek wisata yang berada di sana. namun karena beberapa hal dan sebagainya, sepertinya saya harus memupuskan hal itu. memupuskan ide untuk berkeliling kota semarang dikarenakan harus menghadiri acara di kota surabaya.

ironizm: salah satu bangunan di  lawang sewu semarang
salah satu bangunan di  lawang sewu semarang

disela-sela saya mencari tiket pulang dari kota jakarta menuju surabaya, saya iseng-iseng tuh, mencoba mencari tiket tujuan jakarta - semarang dan di lanjutkan semarang - surabaya. siapa tau mungkin terdapat jadwal yang bisa membuat saya keliling kota semarang, meskipun mungkin hanya beberapa jam saja. dan ternyata ada loh, jadwal kereta yang bisa mengakomodir kita untuk berwisata singkat di kota semarang. jadwal kereta tersebut adalah KA tawang jaya yang berangkat dari stasiun pasar senen jam 11 malam dan tiba di stasiun semarang poncol sekitar jam 6 pagi. dan dilanjut menuju kota surabaya menggunakan KA Maharani yang berangkat sekitar jam 11 siang dari semarang poncol dan tiba di stasiun pasar turi sekitar jam 5 sore. maka saya mempunyai waktu sekitar 5 jam untuk berkeliling kota Semarang dari jam 6 pagi hingga jam 11 siang. so, kemana saja, ketika saya berada di kota semarang?

lawang sewu atau seribu pintu di kota semarang
lawang sewu atau berarti seribu pintu 

1.  Lawang sewu
kalian semua pasti kenal atau pernah dengar dengan tempat yang satu ini. tempat yang memiliki banyak sekali pintu pada bangunannya dan terkenal gara-gara masuk ke sebuah acara di tv. dimana pada salah satu tayangannya terdapat penampakan sesosok menyerupai kuntilanak. yang sempat membuat heboh dunia perhantuan dikala itu. namun sebenarnya, dibalik "keangkeran" lawang sewu sendiri, ternyata memiliki keindahan. keindahan akan karya desain arsitekturalnya yang masih bertahan hingga kini. 

objek wisata lawang sewu ini, lokasinya cukup dengan dengan stasiun semarang poncol. kalian bisa berjalan kaki ataupun menggunakan transportasi yang berada di stasiun. nah, berhubung saya sudah lama tidak mencoba trasportasi becak, maka saya mencobanya ketika menuju lawang sewu ini. 

untuk masuk ke lawang sewu ini, kalian akan dikenai tiket retribusi sebesar IDR 10.000,-

kampung pelangi kota semarang
konsep kampung pelangi di kota semarang

2. Kampung Pelangi Semarang
akhir-akhir ini banyak bermunculan tempat wisata baru yang berkonsep kampung pelangi. selain menunjang pariwisata daerah kampung pelangi juga merubah habbit dari penduduk di kampung tersebut. nah, nggak ingin kalah dengan kampung pelangi yang berada di daerah lain, kota semarang ternyata juga memilikinya loh. kampung pelangi semarang ini berlokasi di jalan Dr. Sutomo kel. Randunsari. untuk menuju ke kampung pelangi ini, saya menggunakan moda transportasi terbaru, yaitu ojek online.

di kampung pelangi ini, kalian akan menemukan banyak sekali mural yang berada di dinding-dinding hingga di jalanan kampung. so,,, kalian nggak bakalan kehabisan background untuk berfoto selfie. mendulang like di instagram?, tentunya bukan merupakan hal yang sulit kan. hehe

masjid agung jawa tengah
masjid agung jawa tengah di lihat dari puncak menara

3. Masjid Agung Jawa tengah
Masjid yang satu ini, sangat saya rekomendasikan untuk kalian, jika kalian berkunjung ke kota semarang. masjid yang viral hanya karena terdapat payung. hah. payung? itu tuh, payung yang geeedeee, seperti yang berada di masjid-masjid di mekkah maupun di madinah. 

Masjid Agung Jawa Tengah ini, memiliki menara yang cukup tinggi, setinggi 62 meter dari permukaan tanah. kalian bisa masuk dan menaiki menara ini dengan cukup membayar IDR 7.000,-. di puncak menara ini, kalian bisa melihat view Masjid Agung Jawa Tengan. dan kalian juga bisa melihat View kota Semarang dengan bantuan teropong yang berada di puncak menara. 


hmmm. sebenarnya masih banyak sekali tempat wisata yang ingin saya kunjungi di kota semarang ini. namun, karena keterbatasan waktu yang saya miliki. saya hanya mampu mendatangi ketiga lokasi yang saya ceritakan tadi. suatu hari nanti, semoga saya bisa berkunjung lagi ke kota yang terkenal akan banjir robnya ini. hehehe.

saya akhmad khoiron
salam damai,
#watchout

Bermain Skateboard di Bandung dan Jakarta

Masih mengenai cerita sebelumnya. ketika saya ke bandung untuk menghadiri acara pernikahan mantan. #bercanda. kalo ke bandung cuman datang buat ke acara pernikahan doang, kok kedengaran nggak worth it banget yaa. apalagi untuk menuju ke acara pernikahan ini, saya harus menghabiskan waktu sekitar 14 jam. waktu yang cukup lama kan. 

bermain skateboard di dago bandung
bermain skateboard di dago bandung

oleh karena itu, ketika menuju kota kembang ini, saya sengaja membawa papan skateboard yang saya miliki. sekalian datang ke acara pernikahan dan mencoba skatepark yang ada di kota bandung. hitung-hitung, update skill dan nyarik musuh. maksutnya nyarik temen. hehe.

tiba di kota bandung, lokasi yang ingin saya tuju di benak saya adalah taman pasopati. itu tuh taman yang agak baru di update sama walikota bandung. (beberapa tahun yang lalu). jadi nih skatepark berada tepat di bawah jalan layang atau dalam artian kolong jalan yaaa. tempatnya cukup besar sih, tapi fasilitasnya ternyata agak kurang. 

bermain skateboard di taman pasupati bandung
bermain skateboard di taman pasupati bandung

saya bermain dan berputar-putar sedikit mengelilingi lapangan dengan sesekali melakukan ollie. (karena baru belajar skateboard). bermain sekitar 10 menitan, tiba-tiba saya didatangi oleh skateboarder lain. nama skateboarder tersebut, sandi, kaka dan ikbal. ternyata skateboarder sini ramah-ramah dan baik-baik. buktinya saya termasuk orang baru, namun sudah di sambut dengan hangat disini. 

setelah berkenalan dan berbincang-bincang sedikit, mereka  bertiga mengajak saya untuk melakukan pemanasan. tanpa basa basi, saya sanggupin ajakan mereka. saya pikir, pemanasan yang dimaksut seperti pemanasan pada umumnya ketika kita berolahraga disekolah. namun ternyata, pemanasan yang dimaksut yaitu berkeliling menggunakan papan skateboard di trotoar jalan. 

ketika awal-awal melakukan pemanasan, sebenarnya biasa-biasa saja. namun, ketika sudah lama. mungkin sekitar 45 menitan. stamina saya sudah kelelahan. kaki saya mulai agak kaku atau sedikit kram dan laju dari skateboard mulai melambat. karena sudah merasa tidak kuat lagi, saya berhenti untuk beristirahat dan meminta mereka bertiga untuk tetap melanjutkan pemanasan tanpa saya. (#lemah). mungkin  karena faktor pengalaman dan rutinitas kali yaa, jadinya saya selemah itu. hahaha

merasa cukup bermain skateboard di bandung, saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke kota selanjutnya. yaitu kota jakarta. di jakarta ini, sebenarnya saya ada acara meet up. tetapi, karena acara meet up nya pas malam hari setelah jam kantor. jadi saya gunakan waktu luangnya untuk mencoba skatepark baru yang merupakan bekas lokalisasi kali jodo. itu tuh, yang sering masuk tv pas proses penggusurannya.

bermain skateboard di taman pasupati bandung
bermain skateboard di RTH I RPTRA Kalijodo Jakarta

skatepark kalijodo ini, tempatnya jauh lebih besar daripada taman pasupati di bandung. fasilitasnya juga lebih lengkap ketimban disana. di kalijodo, lagi-lagi saya disambut hangat. buktinya setiap ada skateboarder yang datang, salalu mengajak saya tos ala-ala anak skate. padahal tidak ada yang kenal sama sekali dengan saya.

skatepark kalijodo jakarta
papan skate saya di pinjam buat foto di skatepark kalijodo jakarta

di kalijodo ini, saya pertama kali berkenalan dengan imam. skateboarder cilik yang berusia sekitar 12 tahunan kalo nggak. si imam ini, cukup terkenal di kalijodo karena skillnya yang cukup keren. dengan si imam, saya belajar mengenai bassic untuk bermain skateboard. loh kok bassic? iya-iya. soalnya saya ngaku baru pertama kali megang skateboard. hehe. 

imam lagi kick flip di skatepark kalijodo
imam lagi kick flip di skatepark kalijodo

setelah melihat saya cukup cepat menguasai skateboard, kemudian si imam memberi saya pelajaran tentang ollie. karena saya cepat menguasainya kembali, kemuadian dia mengajari saya mengenai kick flip. nah, pada materi ini terhenti karena tidak bisa menguasainya. huuuuu. karena  tubuh mulai capek dan lelah mulai mendera, akhirnya saya memutuskan untuk pulang dan beristirahat. 

oke. terimakasih semua, karena sudah membaca cerita saya mengenai bermain skateboard ini. berikan kritik dan komentar kalian, jika terdapat informasi yang salah di dalam postin

gan ini.

saya akhmad khoiron
salam damai,
#watchout

Mencoba Hotel Kapsul di Buton Backpacker Lodge Bandung

Ceritanya minggu kemarin sekitar tanggal 13 April 2018. saya berkunjung ke kota kembang Bandung buat hadirin pernikahan mantan yang ke sepuluh. (#bercanda). berangkat dari kota surabaya kamis malam dan tiba keesokan paginya di kota yang terkenal akan maungnya ini. untuk menuju ke kota bandung ini, saya menggunakan moda transportasi yang hemat dan nyaman di kantong meskipun harus telat sekitar 91 menit dari jadwal tiba. saya sengaja memilih tiba di kota bandung, sehari sebelum acara pernikahan digelar. hanya untuk mencoba menginap di hotel kapsul. itu tuh, hotel yang lagi hitz akhir-akhir ini.

ketika berada di dalam kereta, kalo nggak salah sudah memasuki daerah tasikmalaya. saya cari tuh informasi mengenai hotel kapsul yang berada di daerah bandung. sebenarnya, niat awalnya sih, pengen nyobain tuh menginap di INAP at Capsule Hostel Bandung. yang lokasinya dekat sekali dengan Jl. Asia Afrika. namun, karena saya tidak booking jauh-jauh hari sebelumnya, jadinya udah full booked deh. huhu. #nangisdipojokantoilet memang sih, rasanya sedikit kecewa. kenapa nggak booking jauh-jauh hari sebelumnya. eits, tunggu dulu. kita coba cari peginapan lainnya. masak sekelas kota bandung, hanya memiliki satu penginapan saja yang berkonsep kamar kapsul. pasti terdapat penginapan lain yang sejenis kan. 

Buton Backpacker Lodge Bandung
buton backpacker lodge bandung tampak dari depan

setelah browsing sana dan sini, buka aplikasi ini dan itu. akhirnya. aahhaa. saya menemukan sebuah penginapann yang memiliki konsep serupa. nama penginapannya BUTON BACKPACKER LODGE BANDUNG. saya menemukan penginapan ini dengan mengggunakan aplikasi yang meliki logo gambar burung biru. kalian pasti taulah. #DYKWIM. eits tunggu dulu, ternyata di BUTON BACKPACKER LODGE BANDUNG ini, hanya tersisa 2 kamar kosong saja. agar tak terulang kesalahan sebelumnya. tanpa basa basi, langsung saya booking satu kamar. #yeyyy

BUTON BACKPACKER LODGE BANDUNG ini, terletak di jalan Buton No.14 Kb. Pisang, Sumur Bandung, Jawa Barat 40112. bingung? klik disini. bentuk bangunannya itu nggak mirip-mirip kayak hotel pada umumnya, malah hanya terlihat seperti rumah tinggal, jika kita lihat dari depan. BUTON BACKPACKER LODGE BANDUNG ini, tidak memiliki papan nama yang bisa dilihat dari jalanan. hal ini, membuat saya harus bertanya pada ibu penjaga warung, untuk menemukan lokasi penginapan ini. 

tampak ruangan berkonsep kapsul di buton backpacker lodge
posisi ruangan untuk beristirahat, dan  pintu kamar mandi

memasuki BUTON BACKPACKER LODGE BANDUNG, saya menemui mbak resepsionis untuk menunjukkan kamar yang akan saya tempati. saya diantar ke kamar yang memiliki papan nama semeru di pintu kamar. nama yang cukup familiar dengan saya. #semeruforever hehe. ternyata penanda kamar di penginapan ini mengggunakan istilah nama-nama gunung yang terdapat di indonesia seperti semeru, rinjani, papandayan dan lain-lain. 

fasilitas di dalam ruang kapsul Buton Backpacker Lodge Bandung
faisilitas di dalam ruang kapsul Buton Backpacker Lodge Bandung

di kamar semeru yang saya tempati ini, terdapat 6 ruang tidur single bed yang disekat dengan multiplek. dengan susunan 3 ruang tidur di bawah dan diatasnya terdapat 3 ruang tidur. semacan kasur bertingkat lah yaaa. setiap ruang tidur memiliki loker pribadi dengan kunci. jadi, aman untuk menyimpan barang-barang pribadi. oh iya. disetiap kamar ini, memiliki kamar mandi sendiri-sendiri loh. toiletnya bersih dan tersedia juga air panas. jadinya enak banget dah buat nyegerin badan yang capek karena perjalanan jauh. eits. tapi jangan lama-lama yaaa mandinya. kan nggak enak juga dengan penghuni ruang tidur lainnya. oh iya, kalo kalian ingin menginap disini seperti private (hotel pada umumnya), seperti satu kamar hanya 2 orang, disini juga tersedia loh. hanya saja biayanya berbeda. hehe

fasilitas game di Buton Backpacker Lodge Bandung
fasilitas game di Buton Backpacker Lodge Bandung

fasilitas yang terdapat di BUTON BACKPACKER LODGE BANDUNGini, sangat banyak sekali dan cukup lengkap kurasa. seperti akses free wife. maksutnya free wifi. hehe. handuk tanpa alat mandi. sarapan gratis, bisa nasi, roti atau sereal. tergantung menunya apa. kalo laper bisa cobain semuanya. tapi ingat, kalian nggak nginep sendiri disini. jadinya sisain. hehe. terdapat banyak sekali permainan, seperti dart game, sepak bola meja atau foosball. ruangan untuk merokok. library mini, dengan bukunya yang banyak tentang travel. dan juga terdapat mini toko kejujuran, dimana pengunjung bisa membeli makanan atau snack ringan yang bisa di ambil dan bayar sendiri. keren nggak fasilitasnya? kalo menurutku sih, keren abies. 

fasilitas dapur dan meja makan di Buton Backpacker Lodge Bandung
fasilitas dapur dan meja makan di Buton Backpacker Lodge Bandung

jadi, apakah kalian penasaran dengan konsep hotel kapsul di BUTON BACKPACKER LODGE BANDUNG ini? sebaiknya baca dulu cerita menarik berikut.

ketika subuh menjelang, orang yang berada diatas tempat tidurku, turun untuk menunaikan sholat shubuh. karena sekat antar ruang yang terbuat dari multiplek, sehingga timbullah suara yang memecah keheningan pagi waktu itu. suaranya cukup keras berdecit dan agak lama. ketika orang tersebut membuka loker miliknya, suara tersebut muncul kembali. setelah menunaikan sholat subuh, orang tersebut naik kembali ke tempat tidurnya dan sekat multiplek kembali berbunyi. 

karena kondisi sudah cukup tenang, saya mencoba turun untuk menunaikan sholat subuh. saya turun secara perlahan dari tempat tidur, agar sekat multipleknya tidak terlalu keras mengeluarkan bunyi ataupun suara. karena takut mengganggu penghuni lainnya. namun, namanya juga multiplek yaaa. suara tersebut tetap muncul, namun tak sekeras dari bunyi sebelumnya. namun tiba-tiba, keluar wajah seorang bule yang menggerutu dari sebuah ruang tidur. dia menggerutu ke saya untuk jangan berisik, karena tidurnya tidak tenang mendengar suara gaduh dari tadi. #sial bener kan. siapa yang berisik, siapa juga yang diomelin. hadeh.

jadi, bagaimana? masih penasaran? kalian bisa mencobanya sendiri. hehe

oke. terimakasih semua, karena sudah membaca ulasan saya mengenai pengalaman saya menginap kamar kapsul BUTON BACKPACKER LODGE BANDUNG ini. berikan kritik dan komentar kalian, jika terdapat informasi yang salah di postingan ini. 

saya akhmad khoiron
salam damai,
#watchout

Berwisata ke Bukit Kapur Arosbaya

sebenarnya saya mengetahui tempat wisata bukit kapur arosbaya ini sudah cukup lama. lama sekali. tapi karena kesibukan dan beberapa hal, jadi saya nggak pernah datang ke bukit kapur arosbaya. namun, setelah melihat feed instagram yang kece-kece akhir-akhir ini. akhirnya saya tergiur untuk pengen banget datang ke bukit kapur arosbaya

wisata bukit kapur arosbaya madura

sekitar pertengahan maret 2018, akhirnya saya bisa mendatangi wisata bukit kapur dengan beberapa teman saya. saya berangkat menggunakan motor sekitar jam 2 siang dan tiba di tempat wisata sekitar jam 4 sore. kita sengaja, dateng pas sore hari, biar nggak terlalu panas dan tidak menganggu para pekerja yang sedang menambang batu kapur disana.

background bekas pertambangan di wisata bukit kapur arosbaya

oh iya. bukit kapur arosbaya ini, merupakan tambang batu kapur yang sedang aktif. yang berarti masih terdapat proses penambangan batu di sana. tapi, tambang bukit kapur ini, berbeda dengan pertambangan pada umumnya yaa. karena proses pertambangan batu di arosbaya ini masih sangat tradisional. jadi kalian nggak akan menemukan alat berat di sini.

setibanya di bukit kapur arosabaya, kami dipalakin oleh tukang parkir, yang berdiri agak gagah di lokasi tempat parkir. dengan suara agak berat, tukang parkir mengucapkan tarif perkendaraan. dimana harga untuk roda dua dipatok sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) dan roda empat sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah). hmmm. harga stadart lah yaaa, untuk dunia perparkiran di tempat wisata.

dari tempat parkir, kami berjalan kaki sekitar 50 meter menuju pintu masuk bukit kapur arosbaya. namun kami tak langsung memasuki tempat wisatanya, melainkan masih beristirahat sejenak menenggak minuman keras. eh. salah. melainkan menenggak es degan dingin segar di warung yang berada tepat di samping pintu masuk kawasan wisata bukit kapur arosbaya. oh iya. ibu pemilik warungnya dan baik loh. dia suka bercerita mengenai pengalaman hidupnya. dari cerita mengenai pekerjaannya ketika berada di luar negeri, hingga cerita mengenai kisah asmaranya. pokoknya kocak banget dah, ibu pemilik warungnya. 
setelah dirasa cukup beristirahat, kami memasuki wisata bukit kapur arosbaya. di depan pintu masuk hanya tertulis biaya tiket dengan tarif Rp. 5000,- (lima ribu rupiah) per orang. tidak terdapat keterangan mengenai weekday atau weekend, maupun warga negara indonesia atau warga negara asing. karena kami hanya berenam, jadinya Rp 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah) melayang. hehe. 

wisata bukit kapur arosbaya ini, ternyata lokasinya cukup luas dan besaaaar. buktinya kami cukup kelelahan untuk mengitarinya. kondisinya yang memiliki tinggi permukaan yang berbeda, menambah kelelahan yang kami alami. hehehe. di dalam sini, ternyata juga terdapat gua. gua nya kecil sih, gua buatan. guanya para penambang menambang batu. sebenarnya kalian bisa memasukinya. namun, saya tidak merekomendasikannya. karena cukup berbahaya.

warganet berswafoto di wisata bukit kapur arosbaya

karena tempatnya besar dan luas, banyak sekali spot-spot foto yang kece dan keren di dalam sini. saya rasa, lumayanlah buat nambah-nambahin feed di instagram kalian. biar makin banyak lophe-lophe yang kalian dapatkan. hehe. 

oh iya biar postingan ini berfaedah, jadi saya beri sedikit saran untuk kalian yang akan berkunjung ke bukit kapur ini. untuk menuju kesini, sebenarnya terdapat tiga jalur. namun saya merekomendasikan menggunakan jalur melalui bangkalan kota dan menuju air mata ibu. bukit kapur ini, ternyata memiliki 2 lokasi yang memiliki jarak yang cukup jauh. saya rekomendasikan untuk memilih bukit kapur 1 karena lebih luas dan besar (lokasinya tepat  disebelas pasarean air mata ibu).  jika hujan, jalurnya sangat licin, jadi perhatikan alas kaki yang digunakan. tempat ini tidak memiliki asuransi untuk mengunjung. jadi berhati-hati dari kejatuahan batu dan runtuhnya bongakahan batu. 

oke mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagi dan share buat kalian.
salam damai
watch out

Menikmati Senja di Air Terjun Toroan Madura

so.. hay...
apakabar dengan kalian semuanya. udah pada ngopi belum nih? hehehe.
kali ini saya akan menceritakan mengenai perjalanan saya mengunjungi wisata air terjun toroan madura. tempat wisata ini  terletak di sebelah utara pulau madura, lebih tepatnya di desa ketapang timur, kec.  ketapang, kab. sampang, pulau madura. masih belum tau juga? tenang-tenang, kalian bisa klik link berikut ini.

air terjun toroan madura

tanggal 22 oktober 2017, sepulang dari bermain air di pantai slopeng, kami berhenti sejenak untuk menikmati sunset dari wisata air terjun toroan. ini merupakan kali kedua bagi saya untuk mengunjungi wisata air terjun toroan ini. ternyata, suasanya sangat berbeda sekali dari pertama kali saya berkunjung ke tempat ini. jika dahulu tempat ini tidak dikelola, sekarang sudah mulai dikelola. jika dulu, tidak terdapat bangunan pendukung tempat wisata sama sekali, sekarang sudah ada lahan parkir yang bisa menampung 15 bus pariwisata, musholla, toilet, cafetaria dan jalan akses untuk menuju air terjun. so. kita nggak perlu lagi untuk berjalan kaki melalui karang, karena sudah dibangun jalan dari beton. tunggu-tunggu kenapa gua ceritain tentang pembangunan yaa? hmmm.

papan nama air terjun toroan madura

saya dan beberapa teman, tiba di wisata air terjun toroan ini sekitar jam 5 sore hari. turun dari sepeda motor di parkiran, langsung di mintai jatah preman, eh salah, maksutnya uang parkir sebesar IDR. 5.000,-. setelah selesai menyuap para preman, eh salah lagi, maksutnya membayar uang parkir, kita bergegas untuk menuju air terjun di sisi atas air terjun untuk mengambil beberapa gambar dan video footage. (oh iya jika kalian ingin ke sisi atas dari air terjun, kalian harus melalui jalan setapak yang cukup tersembunyi yang berada di dekat mushollah). setelah dirasa cukup mengambil gambar dan video footage dari sisi atas air terjun, kita segera beranjak kembali untuk menuju sisi bawah dari air terjun. di sisi bawah air terjun ini, ternyata pemandangannya cukup bagus daripada sisi atas air terjun. dan di posisi ini merupakan titik teramai dari para pengunjung untuk mengambil swafoto.

contoh swafoto pengunjung dengan background air terjun toroan madura
lokasi favorit para pengunjung untuk berswafoto

matahari senja sudah mulai beranjak dari ufuk barat sana. perubahan warna langit pun sudah mulai di terjadi. sungguh begitu indah senja sore hari ini bersanding dengan air terjun. ketika matahari sudah tak terlihat, saya beranjak untuk mengececk hasil dari rekaman video timelaps yang sudah saya persiapkan sebelumnya. namun kejadian yang tak terprediksi dan tak terduga, akhirnya terjadi. battery kamera yang saya gunakan untuk merekam timelaps, ternyata habis dan moment sunsetnya tak terekam oleh kamera. ahhh kurang beruntungnya saya hari ini.

pemandangan sunset di air terjun toroan madura

tetapi, tak apalah. meskipun momentnya tak terekam, yang penting saya bisa menikmatinya. melihat sunset ditemani dengan suara gemuruh ombak beradu dengan gemuruh air terjun. 

so. untuk kalian yang akan berkunjung ke air terjun toroan ini, saya sarankan untuk datang ketika waktu menjelang sore hari. karena view sunsetnya kuerrreren abieees. dan ingat yaaa
jangan ambil apapun, kecuali gambar.
jangan meninggalkan apapun, kecuali jejak. dan 
jangan membunuh apapun, kecuali waktu.
sampai ketemu dicerita selanjutnya. salam damai. watch out!.